وعليك - بتحسين معتقدك وإصلاحه
وتقويمه على منهاج "الفرقة الناجية" وهي المعروفة بين سائر الفرق الإسلامية بأهل السنة والجماعة وهم المتمسكون بما كان عليه رسول الله ﷺ وأصحابه، وأنت إذا نظرت بفهم مستقيم عن قلب سليم في نصوص الكتاب والسنة المتضمنة لعلوم الإيمان، وطالعت سير السلف الصالح من الصحابة والتابعين، علمت وتحققت أن الحق مع الفرقة الموسومة بالأشعرية نسبة إلى الشيخ "أبي الحسن الأشعري" رحمه الله فقد رتب قواعد عقيدة أهل الحق وحرر أدلتها
Hendaklah engkau selalu memperbaiki dan memperkuat akidahmu yang sesuai dengan golongan yang selamat yang disebut ahlussunnah wal jama'ah. Karena golongan ini selalu berpegang teguh dan mengikuti jejak Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya.
Jika engkau mempau menggunakan pemahaman yang lurus dan benar tentang Al-Qur`an dan hadits yang menguraikan keimanan, sejarah kaum salaf, para sahabat dan tabiin, maka engkau akan mengetahui dan dapat membuktikan kebenaran ahlussunnah, wal jama'ah (Asy`ariyah) yang dinisbatkan pada Abu Hasan al-Asy`ary. Kebenaran yang akan sesuai di setiap masa dan tempat.
وهي العقيدة التي إجتمعت عليها الصحابة ومن بعدهم من خيار التابعين، وهي عقيدة أهل الحق من أهل كل زمان و مكان وهي عقيدة جملة أهل التصوف كما حكى ذلك أبو القاسم القشيري في أول رسالته
وهي بحمد الله عقيدتنا، وعقيدة إخواننا من السادة الحسينيين المعروفين بآل أبي علوي، وعقيدة أسلافنا من لدن رسول الله ﷺ إلى يومنا هذا
Rumusan Abu Hasan ini juga merupakan standar para sufi, sebagaimana diutarakan Abu Qasim al-Quraisy di awal risalahnya. Dan ia juga,adalah akidah kami, keluarga kami dan para sayyid dari keturunan Sayyid Husein (Alawiyyin) adalah akidah leluhur kami dari zaman Rasulullah hingga saat ini.
وكان الإمام المهاجر إلى الله جد السادة المذكورين سيدي "أحمد بن عيسى بن محمد بن علي ابن الإمام جعفر الصادق" رضي الله عنهم لما رأى ظهور البدع وكثرة الأهواء واختلاف الآراء بالعراق هاجر منها ولم يزل -نفع الله تعالى به- يتنقل في الأرض، حتى أتي أرض "حضرموت" فأقام بها إلى أن توفي، فبارك الله في عقبه، حتى اشتهر منهم الجم الغفير العلم والعبادة والولاية والمعرفة ولم يعرض لهم ما عرض لجماعات من أهل البيت النبوي من انتحال البدع واتباع الأهواء المضلة ببركات نية هذا الإمام المؤتمن وفراره بدينه من مواضع الفتن، فالله تعالى يجزيه عنا أفضل ما جزى والداً عن ولده ويرفع درجته مع آبائه الكرام في عليين ويلحقنا بهم في خير وعافية غير مبدلين ولا مفتونين إنه أرحم الراحمين. والماتريدية كالأشعرية في جميع ما تقدم
Al-Imam Muhajirin Syeikh Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali bin al-Imam Ja`far ash-Shadiq ra. ketika menyaksikan munculnya bid`ah, diobralnya hawa nafsu, dan perbedaan pendapat makin menghangat, maka beliau hijrah dari negaranya (Iraq) dari tempat yang satu ke tempat yang lain hingga sampai di Hadhramaut, beliau bermukim di sana hingga wafat.
Dan Allah memberkahi keturunannya hingga banyak di antara mereka yang terkenal dengan ilmu, ibadah, kewalian dan makrifatnya. Dan mereka terpelihara dari bid`ah dan perbuatan sesat berkat niat suci imam yang terpercaya ini, dan hijrah beliau dari negeri yang penuh fitnah (Irak).
Semoga Allah memberinya balasan yang sebaik-baiknya dan berkah pada kami, sebagaimana seorang ayah memberi anaknya, dan mengangkat derajatnya beserta leluhur-leluhurnya yang mulia ke tempat tertinggi, dan mengikutsertakan kami menuju kebaikan dan kesejahteraan serta selamat dari segala ujian dan cobaan. Karena Dialah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
وينبغي لكل مؤمن أن يحصن معتقده بحفظ عقيدة من عقائد الأئمة المجمع على جلالتهم ورسوخهم في العلم. ولا أحسب مبتغي ذلك يصادف عقيدة جامعة واضحة بعيدة عن الشُّبَه مثل عقيدة الإمام الغزالي رضي الله عنه التي أوردها في الفصل الأول من كتاب قواعد العقائد من الإحياء، فعليك بها فإن تشوفت إلى مزيد فانظر في الرسالة القدسية التي أوردها في الفصل الثالث من الكتاب المذكور
ولا تتوغل في علم الكلام ولا تكثر من الخوض فيه لمجرد طلب التحقيق في المعرفة فإنك لا تظفر بهذا المطلوب من هذا العلم
Wajib bagi orang beriman menjaga akidahnya dan mengikuti para ulama yang agung dan berpegang teguh dalam ilmunya, akidah yang jelas terhindar dari syubhat atau keraguan. Hal ini sesuai dengan akidah Imam Ghazali yang telah dijelaskan pada bab Qawaisil Aqaid, pasal pertama dan ketiga dalam kitab Ihya Ulumuddin.
Janganlah engkau gegabah dalam membahas ilmu tauhid serta memperdebatkannya semata-mata hanya karena untuk memperoleh pemahaman yang sempurna.
ولكن إن أردت التحقق في المعرفة فعليك بسلوك طريقه وهي التزام التقوى ظاهراً وباطناً، وتدبر الآيات والأخبار، والنظر في ملكوت السماوات والأرض على قصد الاعتبار، وتهذيب أخلاق النفس وتلطيف كثافاتها بحسن الرياضة، وتصقيل مرآة القلب بملازمة الذكر والفكر، والإعراض عما يشغل عن التجرد لهذا الأمر. فهذا سبيل التحصيل إن سلكته عثرت -إن شاء الله تعالى- على المطلوب، وظفرت بالأمر المرغوب، والصوفية إنما جاهدوا نفوسهم وبالغوا في رياضتها وقطعوها عن عاداتها ومألوفاتها لعلمهم بتوقف حصول كمال المعرفة على ذلك، وعلى كمال المعرفة يتوقف التحقق بمقام العبودية الذي هو بغية العارفين وأمنية المحققين رضي الله عنهم أجمعين
Karena engkau tak akan mampu memahami ilmu tauhid kecuali jika engkau mengikuti jalan keselamatan dengan bertasawuf, yakni senantiasa bertakwa lahir batin, merenungi ayat-ayat Allah dan hadits, memikirkan ciptaan Allah yang ada di bumi dan langit dengan tujuan untuk memantapkan keimanan dan konsekuen dalam bertauhid, menghias diri dengan perangai yang terpuji, jauh dari akhlak yang tercela dengan membersihkan hati, beristiqamah dalam berdzikir, bertafakur dan mampu melepaskan diri dari sesuatu yang mengganggu untuk memperoleh pemahaman dalam ilmu tauhid.
Insya Allah dengan metode ini engkau mampu memahami ilmu tauhid secara mendalam dan benar.
Kaum Sufi misalnya, senantiasa memerangi hawa nafsu mereka dan bersungguh-sungguh dalam beribadah. Semua itu mereka jalankan hingga mencapai derajat ahli beribadah yang merupakan dambaan dan harapan setiap orang makrifat dan hakikat.
(Risalatul Mu'awwanah)