BAB WAKTU-WAKTU (SHALAT) |
بَابُ اَلْمَوَاقِيتِِ
| |
Hadits No. 163 | ||
Dari Abdullah ibnu Amr radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Waktu Dzuhur ialah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum tiba waktu Ashar masuk selama matahari belum menguning waktu shalat Maghrib selama awan merah belum menghilang waktu shalat Isya hingga tengah malam dan waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbit." Riwayat Muslim. |
َعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ
بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم قَالَ: ( وَقْتُ
اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ اَلشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا
لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ
وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ وَوَقْتُ صَلَاةِ
اَلْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ اَلْأَوْسَطِ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ
مِنْ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 164 | ||
Menurut riwayat Muslim dari hadits Buraidah tentang waktu shalat Ashar. "Dan matahari masih putih bersih." |
َوَلَهُ مِنْ حَدِيثِ بُرَيْدَةَ فِي
اَلْعَصْرِ: ( وَالشَّمْسُ بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ )
| |
Hadits No. 165 | ||
Dari hadits Abu Musa: "Dan matahari masih tinggi." |
َوَمِنْ حَدِيثِ أَبِي مُوسَى: (
وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ )
| |
Hadits No. 166 | ||
Abu Barzah al-Aslamy radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah ﷺ pernah setelah usai shalat Ashar kemudian salah seorang di antara kami pulang ke rumahnya di ujung kota Madinah sedang matahari saat itu masih panas. Beliau biasanya suka mengakhirkan shalat Isya' tidak suka tidur sebelumnya dan bercakap-cakap setelahnya. Beliau juga suka melakukan shalat Shubuh di saat seseorang masih dapat mengenal orang yang duduk disampingnya beliau biasanya membaca 60 hingga 100 ayat. Muttafaq 'alaihi. |
َوَعَنْ
أَبِي بَرْزَةَ الْأَسْلَمِيِّ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
يُصَلِّيَ اَلْعَصْرَ ثُمَّ يَرْجِعُ أَحَدُنَا إِلَى رَحْلِهِ فِي أَقْصَى
اَلْمَدِينَةِ وَالشَّمْسُ حَيَّةٌ وَكَانَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يُؤَخِّرَ مِنْ
اَلْعِشَاءِ وَكَانَ يَكْرَهُ اَلنَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا
وَكَانَ يَنْفَتِلُ مِنْ صَلَاةِ اَلْغَدَاةِ حِينَ يَعْرِفُ اَلرَّجُلُ جَلِيسَهُ
وَيَقْرَأُ بِالسِّتِّينَ إِلَى اَلْمِائَةِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 167 | ||
Menurut hadits Bukhari-Muslim dari Jabir: Adakalanya beliau melakukan shalat Isya' pada awal waktunya dan adakalanya beliau melakukannya pada akhir waktunya. Jika melihat mereka telah berkumpul beliau segera melakukannya dan jika melihat mereka terlambat beliau mengakhirkannya sedang mengenai shalat Shubuh biasanya Nabi ﷺ menunaikannya pada saat masih gelap.
|
َوَعِنْدَهُمَا
مِنْ حَدِيثِ جَابِرٍ: ( وَالْعِشَاءَ أَحْيَانًا وَأَحْيَانًا: إِذَا رَآهُمْ
اِجْتَمَعُوا عَجَّلَ وَإِذَا رَآهُمْ أَبْطَئُوا أَخَّرَ وَالصُّبْحَ: كَانَ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّيهَا بِغَلَسٍ
)
| |
Hadits No. 168 | ||
Menurut Muslim dari hadits Abu Musa: Beliau menunaikan shalat Shubuh pada waktu fajar terbit di saat orang-orang hampir tidak mengenal satu sama lain.
|
َوَلِمُسْلِمٍ
مِنْ حَدِيثِ أَبِي مُوسَى: ( فَأَقَامَ اَلْفَجْرَ حِينَ اِنْشَقَّ اَلْفَجْرُ
وَالنَّاسُ لَا يَكَادُ يَعْرِفُ بَعْضُهُمْ بَعْضًا
)
| |
Hadits No. 169 | ||
Rafi' ibnu Kharij radhiyallaahu 'anhu berkata: Kami pernah shalat Maghrib bersama Rasulullah ﷺ kemudian salah seorang di antara kami pulang dan ia masih dapat melihat tempat jatuhnya anak panah miliknya. Muttafaq 'alaihi. |
َوَعَنْ
رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ قَالَ: ( كُنَّا نُصَلِّي اَلْمَغْرِبَ مَعَ اَلنَّبِيِّ صلى
الله عليه وسلم فَيَنْصَرِفُ أَحَدُنَا وَإِنَّهُ لَيُبْصِرُ مَوَاقِعَ نَبْلِهِ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 170 | ||
'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, Pada suatu malam pernah Nabi ﷺ mengakhirkan shalat Isya' hingga larut malam. Kemudian beliau keluar dan shalat dan bersabda, "Sungguh inilah waktunya jika tidak memberatkan umatku." Riwayat Muslim. |
َوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا
قَالَتْ: ( أَعْتَمَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ
بِالْعَشَاءِ حَتَّى ذَهَبَ عَامَّةُ اَللَّيْلِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى وَقَالَ:
"إِنَّهُ لَوَقْتُهَا لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى
أُمَّتِي" ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 171 | ||
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Apabila panas sangat menyengat maka tunggulah waktu dingin untuk menunaikan shalat karena panas yang menyengat itu sebagian dari hembusan neraka jahannam." Muttafaq 'alaihi. |
َوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا
اِشْتَدَّ اَلْحَرُّ فَأَبْرِدُوا بِالصَّلَاةِ فَإِنَّ شِدَّةَ اَلْحَرِّ مِنْ
فَيْحِ جَهَنَّمَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 172 | ||
Dari Rafi' ibnu Khadij radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Lakukanlah shalat Shubuh pada waktu masih benar-benar Shubuh karena ia lebih besar pahalanya bagimu." Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Hibban. |
َوَعَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَصْبِحُوا بِالصُّبْحِ فَإِنَّهُ أَعْظَمُ لِأُجُورِكُمْ
) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَصَحَّحَهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ حِبَّانَ
| |
Hadits No. 173 | ||
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang telah mengerjakan satu raka'at shalat Shubuh sebelum matahari terbit maka ia telah mendapatkan shalat Shubuh dan barangsiapa yang telah mengerjakan satu raka'at shalat Ashar sebelum matahari terbenam maka ia telah mendapatkan shalat Ashar." Muttafaq 'alaihi. |
َوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه
أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( مَنْ
أَدْرَكَ مِنْ اَلصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلِ أَنْ تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ فَقَدْ
أَدْرَكَ اَلصُّبْحَ وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ اَلْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ
تَغْرُبَ اَلشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ اَلْعَصْرَ ) مُتَّفَقٌ
عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 174 | ||
Menurut riwayat Muslim dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha ada hadits serupa beliau bersabda, "Sekali sujud sebagai pengganti daripada satu raka'at." Kemudian beliau bersabda, "Sekali sujud itu adalah satu raka'at." |
َوَلِمُسْلِمٍ عَنْ عَائِشَةَ نَحْوَهُ
وَقَالَ: "سَجْدَةً" بَدَلَ "رَكْعَةً". ثُمَّ قَالَ: وَالسَّجْدَةُ
إِنَّمَا هِيَ اَلرَّكْعَةُ
| |
Hadits No. 175 | ||
Dari Abu Said al-Khudry bahwa dia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Tidak ada shalat (sunnah) setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit dan tidak ada shalat setelah shalat Ashar hingga matahari terbenam." Muttafaq 'alaihi. Dalam lafadz riwayat Muslim: "Tidak ada shalat setelah shalat fajar." |
َوَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي
الله عنه قَالَ: سَمِعْتَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: (
لَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلصُّبْحِ حَتَّى تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ
وَلَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلْعَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ اَلشَّمْسُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَلَفْظُ
مُسْلِمٍ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ صَلَاةِ اَلْفَجْرِ
)
| |
Hadits No. 176 | ||
Dalam riwayat Muslim dari Uqbah ibnu Amir: Tiga waktu dimana Rasulullah ﷺ melarang kami melakukan shalat dan menguburkan mayit yaitu: ketika matahari terbit hingga meninggi, ketika tengah hari hingga matahari condong ke barat dan ketika matahari hampir terbenam.
|
َوَلَهُ
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ: ( ثَلَاثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّي فِيهِنَّ وَأَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا:
حِينَ تَطْلُعُ اَلشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ
اَلظَّهِيرَةِ حَتَّى تَزُولَ اَلشَّمْسُ وَحِينَ تَتَضَيَّفُ اَلشَّمْسُ
لِلْغُرُوبِ )
| |
Hadits No. 177 | ||
Dan hukum kedua menurut Imam Syafi'i dari hadits Abu Hurairah dengan sanad yang lemah ada tambahan: Kecuali hari Jum'at. |
َوَالْحُكْمُ اَلثَّانِي
عِنْدَ "اَلشَّافِعِيِّ" مِنْ: حَدِيثِ
أَبِي هُرَيْرَةَ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ. وَزَادَ: ( إِلَّا يَوْمَ اَلْجُمْعَةِ
)
| |
Hadits No. 178 | ||
Begitu juga menurut riwayat Abu Dawud dari Abu Qatadah terdapat hadits yang serupa. |
َوَكَذَا
لِأَبِي دَاوُدَ: عَنْ أَبِي قَتَادَةَ نَحْوُهُ
| |
Hadits No. 179 | ||
Dari Jubair ibnu Muth'im bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Wahai Bani Abdu Manaf, janganlah engkau melarang seseorang melakukan thawaf di Baitullah ini dan melakukan shalat pada waktu kapan saja baik malam maupun siang." Riwayat Imam Lima dan shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Hibban. |
َوَعَنْ جُبَيْرِ بْنِ
مُطْعِمٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
( يَا بَنِي عَبْدِ
مَنَافٍ لَا تَمْنَعُوا أَحَدًا طَافَ بِهَذَا اَلْبَيْتِ وَصَلَّى أَيَّةَ سَاعَةٍ
شَاءَ مِنْ لَيْلٍ]أَ]
وْ نَهَارٍ
) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ
وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ حِبَّانَ
| |
Hadits No. 180 | ||
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Syafaq ialah awan merah." Riwayat Daruquthni. Shahih menurut Ibnu Khuzaimah selain menyatakannya mauquf pada Ibnu Umar. |
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهُمَا; عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( اَلشَّفَقُ اَلْحُمْرَةُ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَصَحَّحَ
اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَغَيْرُهُ وَقْفَهُ
| |
Hadits No. 181 | ||
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Fajar itu ada dua macam yaitu fajar yang diharamkan memakan makanan dan diperbolehkan melakukan shalat dan fajar yang diharamkan melakukan shalat yakni shalat Shubuh dan diperbolehkan makan makanan." Riwayat Ibnu Khuzaimah dan Hakim hadits shahih menurut keduanya. |
َوَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( اَلْفَجْرُ فَجْرَانِ: فَجْرٌ يُحَرِّمُ اَلطَّعَامَ
وَتَحِلُّ فِيهِ اَلصَّلَاةُ وَفَجْرٌ تَحْرُمُ فِيهِ اَلصَّلَاةُ - أَيْ: صَلَاةُ
اَلصُّبْحِ - وَيَحِلَّ فِيهِ اَلطَّعَامُ ) رَوَاهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَالْحَاكِمُ
وَصَحَّحَاهُ
| |
Hadits No. 182 | ||
Menurut riwayat Hakim dari hadits Jabir ada hadits serupa dengan tambahan tentang fajar yang mengharamkan memakan makanan: "Fajar yang memanjang di ufuk." Dalam riwayat lain disebutkan: "Dia seperti ekor serigala."
|
َوَلِلْحَاكِمِ فِي حَدِيثِ جَابِرٍ رضي
الله عنه نَحْوُهُ وَزَادَ فِي اَلَّذِي يُحَرِّمُ اَلطَّعَامَ: (
إِنَّهُ يَذْهَبُ مُسْتَطِيلاً فِي اَلْأُفُقِ
) وَفِي اَلْآخَرِ: ( إِنَّهُ كَذَنَبِ اَلسِّرْحَان )
| |
Hadits No. 183 | ||
Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Perbuatan yang paling mulia ialah shalat pada awal waktunya." Hadits riwayat dan shahih menurut Tirmidzi dan Hakim. Asalnya Bukhari-Muslim. |
َوَعَنْ اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَفْضَلُ
اَلْأَعْمَالِ اَلصَّلَاةُ فِي أَوَّلِ وَقْتِهَا ) رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ.
وَصَحَّحَاهُ. وَأَصْلُهُ فِي
"اَلصَّحِيحَيْنِ
| |
Hadits No. 184 | ||
Dari Abu Mahdzurah bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Permulaan waktu adalah ridha Allah pertengahannya adalah rahmat Allah dan akhir waktunya ampunan Allah."
Dikeluarkan oleh Daruquthni dengan sanad yang lemah. |
َوَعَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله عنه
أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( أَوَّلُ
اَلْوَقْتِ رِضْوَانُ اَللَّهُ وَأَوْسَطُهُ رَحْمَةُ اَللَّهِ; وَآخِرُهُ عَفْوُ
اَللَّهِ ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ
بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ جِدًّا
| |
Hadits No. 185 | ||
Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Ibnu Umar ada hadits serupa tanpa menyebutkan waktu pertengahan. Ia juga hadits lemah.
|
َوَلِلتِّرْمِذِيِّ
مِنْ حَدِيثِ اِبْنِ عُمَرَ نَحْوُهُ دُونَ اَلْأَوْسَطِ وَهُوَ ضَعِيفٌ أَيْضًا
| |
Hadits No. 186 | ||
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu bahwa Rasululah ﷺ bersabda, "Tidak ada shalat setelah fajar kecuali dua raka'at (Shubuh)." Dikeluarkan oleh Imam Lima kecuali Nasa'i. Dalam suatu riwayat Abdur Razaq: "Tidak ada shalat setelah terbitnya fajar kecuali dua raka'at fajar." |
َوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ
رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
( لَا
صَلَاةَ بَعْدَ اَلْفَجْرِ إِلَّا سَجْدَتَيْنِ ) أَخْرَجَهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا
النَّسَائِيُّ. وَفِي رِوَايَةِ عَبْدِ اَلرَّزَّاقِ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ إِلَّا رَكْعَتَيْ
اَلْفَجْرِ )
| |
Hadits No. 187 | ||
Dan hadits serupa menurut Daruquthni dari Amr ibnul 'Ash radhiyallahu 'anhu. |
َوَمِثْلُهُ
لِلدَّارَقُطْنِيّ عَنْ اِبْنِ عَمْرِوِ بْنِ اَلْعَاصِ
| |
Hadits No. 188 | ||
Ummu Salamah radhiyallahu 'anha berkata, Rasulullah ﷺ shalat Ashar lalu masuk rumahku kemudian beliau shalat dua raka'at. Maka aku menanyakannya dan beliau menjawab: "Aku sibuk sehingga tidak sempat melakukan dua raka'at setelah Dzuhur maka aku melakukan sekarang." Aku bertanya: Apakah kami harus melakukan qadha' jika tidak melakukannya? Beliau bersabda, "Tidak." Dikeluarkan oleh Ahmad. |
َوَعَنْ أَمْ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهَا قَالَتْ: ( صَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم اَلْعَصْرَ ثُمَّ
دَخَلَ بَيْتِي فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ:
"شُغِلْتُ
عَنْ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اَلظُّهْرِ فَصَلَّيْتُهُمَا اَلْآنَ" قُلْتُ: أَفَنَقْضِيهِمَا إِذَا
فَاتَتْنَا? قَالَ: "لَا" ) أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ
| |
Hadits No. 189 | ||
Seperti hadits itu juga terdapat dalam riwayat Abu Dawud dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha. |
َوَلِأَبِي
دَاوُدَ عَنْ عَائِشَةَ بِمَعْنَاهُ
| |
Ke halaman utama >> |