BAB ADZAN |
َبَابُ
اَلْأَذَانِِ
| |
Hadits No. 190 | ||
Abdullah ibnu Zaid ibnu Abdi Rabbih berkata, Waktu saya tidur (saya bermimpi) ada seseorang mengelilingi saya seraya berkata: Ucapkanlah "Allahu Akbar Allahu Akbar lalu ia mengucapkan adzan empat kali tanpa pengulangan dan mengucapkan iqamat sekali kecuali "qod qoomatish sholaat". Ia berkata: Ketika telah Shubuh aku menghadap Rasulullah ﷺ lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya ia adalah mimpi yang benar." Hadits dikeluarkan oleh Ahmad dan Abu Dawud. Shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah. |
َعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ
عَبْدِ رَبِّهِ رضي الله عنه قَالَ: ( طَافَ بِي -وَأَنَا نَائِمٌ- رَجُلٌ فَقَالَ:
تَقُولُ: "اَللَّهُ أَكْبَرَ اَللَّهِ أَكْبَرُ فَذَكَرَ اَلْآذَانَ - بِتَرْبِيع
اَلتَّكْبِيرِ بِغَيْرِ تَرْجِيعٍ وَالْإِقَامَةَ فُرَادَى إِلَّا قَدْ قَامَتِ
اَلصَّلَاةُ - قَالَ: فَلَمَّا أَصْبَحْتُ أَتَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم فَقَالَ: "إِنَّهَا
لَرُؤْيَا حَقٍّ..." ) اَلْحَدِيثَ. أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ
وَأَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ خُزَيْمَةَ.
| |
Hadits No. 191 | ||
Ahmad menambahkan pada akhir hadits tentang kisah ucapan Bilal dalam adzan Shubuh: "Shalat itu lebih baik daripada tidur."
|
َوَزَادَ
أَحْمَدُ فِي آخِرِهِ قِصَّةَ قَوْلِ بِلَالٍ فِي آذَانِ اَلْفَجْرِ: ( اَلصَّلَاةُ
خَيْرٌ مِنَ اَلنَّوْمِ )
| |
Hadits No. 192 | ||
Menurut riwayat Ibnu Khuzaimah dari Anas radhiyallahu 'anhu ia berkata, Termasuk sunnah adalah bila muadzin pada waktu fajar telah membaca hayya 'alash sholaah ia mengucapkan assholaatu khairum minan naum |
َوَلِابْنِ
خُزَيْمَةَ: عَنْ أَنَسٍ قَالَ: ( مِنْ اَلسُّنَّةِ إِذَا قَالَ اَلْمُؤَذِّنُ فِي
اَلْفَجْرِ: حَيٌّ عَلَى اَلْفَلَاحِ قَالَ: اَلصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ اَلنَّوْمِ
)
| |
Hadits No. 193 | ||
Dari Abu Mahdzurah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ mengajarinya adzan lalu beliau menyebut tarji' (mengulangi dua kali). Dikeluarkan oleh Muslim, namun ia hanya menyebutkan takbir dua kali pada permulaan adzan. Riwayat Imam Lima dengan menyebut takbir empat kali. |
َعَنْ أَبِي مَحْذُورَةَ
رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَلَّمَهُ اَلْآذَانَ
فَذَكَرَ فِيهِ اَلتَّرْجِيعَ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ. وَلَكِنْ ذَكَرَ
اَلتَّكْبِيرَ فِي أَوَّلِهِ مَرَّتَيْنِ فَقَطْ. وَرَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ
فَذَكَرُوهُ مُرَبَّعًا
| |
Hadits No. 194 | ||
Anas radlhiyallahu 'anhu berkata, Bilal diperintahkan untuk menggenapkan kalimat adzan dan mengganjilkan kalimat iqamat kecuali kalimat iqamat yakni qod qoomatish sholaah.
Muttafaq 'alaihi, tetapi Muslim tidak menyebut pengecualian. |
َوَعَنْ
أَنَسِ]بْنِ
مَالِكٍ] رضي الله عنه قَالَ: ( أُمِرَ
بِلَالٌ أَنْ يَشْفَعَ اَلْآذَانَ وَيُوتِرَ اَلْإِقَامَةَ إِلَّا اَلْإِقَامَةَ
يَعْنِي قَوْلَهُ: قَدْ قَامَتِ اَلصَّلَاةُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَلَمْ يَذْكُرْ
مُسْلِمٌ اَلِاسْتِثْنَاءَ
| |
Hadits No. 195 | ||
Menurut riwayat Nasa'i: Nabi ﷺ memerintahkan Bilal (untuk menggenapkan adzan dan mengganjilkan iqamat). |
َوَلِلنَّسَائِيِّ:
( أَمَرَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بِلَالاً
)
| |
Hadits No. 196 | ||
Abu Juhaifah radhiyallahu 'anhu berkata, Aku pernah melihat Bilal adzan dan aku perhatikan mulutnya kesana kemari (komat kamit dan dua jari-jarinya menutup kedua telinganya. Riwayat Ahmad dan Tirmidzi. Hadits shahih menurut Tirmidzi. |
َوَعَنْ أَبِي جُحَيْفَةَ
رضي الله عنه قَالَ: ( رَأَيْتُ بِلَالاً يُؤَذِّنُ وَأَتَتَبَّعُ فَاهُ هَاهُنَا
وَهَاهُنَا وَإِصْبَعَاهُ فِي أُذُنَيْهِ ) رَوَاهُ أَحْمَدُ وَاَلتِّرْمِذِيُّ
وَصَحَّحَهُ.
| |
Hadits No. 197 | ||
Menurut Ibnu Majah: Dia menjadikan dua jari-jarinya menutup kedua telinganya. |
َوَلِابْنِ
مَاجَهْ: وَجَعَلَ إِصْبَعَيْهِ فِي
أُذُنَيْهِ.
| |
Hadits No. 198 | ||
Menurut riwayat Abu Dawud: Dia menggerakkan lehernya ke kanan dan ke kiri ketika sampai pada ucapan "hayya 'alash sholaah" dan dia tidak memutar tubuhnya. Asal hadits tersebut dari Bukhari-Muslim. |
َوَلِأَبِي دَاوُدَ: ( لَوَى عُنُقَهُ
لَمَّا بَلَغَ "حَيَّ عَلَى اَلصَّلَاةِ " يَمِينًا وَشِمَالاً وَلَمْ يَسْتَدِرْ
). وَأَصْلِهِ
فِي اَلصَّحِيحَيْنِ
| |
Hadits No. 199 | ||
Dari Abu Mahdzurah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ kagum dengan suaranya kemudian beliau mengajarinya adzan. Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah. |
َوَعَنْ
أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَعْجَبَهُ
صَوْتُهُ فَعَلَّمَهُ اَلْآذَانَ ) رَوَاهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ
| |
Hadits No. 200 | ||
Jabir ibnu Samurah berkata, Aku shalat dua I'ed (Fitri dan Adha) bukan sekali dua kali bersama Nabi ﷺ tanpa adzan dan iqamat. Riwayat Muslim. |
َوَعَنْ
جَابِرِ بْنِ سَمُرَةٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( صَلَّيْتُ مَعَ
اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم اَلْعِيدَيْنِ غَيْرَ مَرَّةٍ وَلَا مَرَّتَيْنِ
بِغَيْرِ أَذَانٍ وَلَا إِقَامَةٍ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 201 | ||
Hadits serupa juga ada dalam riwayat Muttafaq 'alaihi dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu dan dari yang lainnya. |
َوَنَحْوُهُ
فِي اَلْمُتَّفَقِ: عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا
وَغَيْرُهُ
| |
Hadits No. 202 | ||
Dari Abu Qatadah radhiyallahu 'anhu dalam hadits yang panjang tentang mereka yang meninggalkan shalat karena tidur kemudian Bilal adzan maka Nabi ﷺ shalat sebagaimana yang beliau lakukan setiap hari. Hadits riwayat Muslim. |
َوَعَنْ
أَبِي قَتَادَةٌ فِي اَلْحَدِيثِ اَلطَّوِيلِ ( فِي نَوْمهُمْ عَنْ اَلصَّلَاةِ -
ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ فَصَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَمَا كَانَ
يَصْنَعُ كُلَّ يَوْمٍ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 203 | ||
Dalam riwayat Muslim yang lain dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa ketika Nabi ﷺ tiba di kota Mudzalifah beliau shalat Maghrib dan Isya' dengan satu adzan dan dua iqamat. |
ََلَهُ عَنْ جَابِرٍ; (
أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَتَى اَلْمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى بِهَا
اَلْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ بِأَذَانٍ وَاحِدٍ وَإِقَامَتَيْنِ
)
| |
Hadits No. 204 | ||
Hadits riwayat Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ menjamak shalat Maghrib dan Isya' dengan satu kali iqamat. Abu Dawud menambahkan: Untuk setiap kali shalat. Dalam riwayat lain: Tidak diperintahkan adzan untuk salah satu dari dua shalat tersebut. |
ََوَلَهُ عَنْ اِبْنِ عُمَرَ: ( جَمَعَ بَيْنَ اَلْمَغْرِبِ
وَالْعِشَاءِ بِإِقَامَةٍ وَاحِدَةٍ ). زَادَ أَبُو دَاوُدَ: ( لِكُلِّ صَلَاةٍ ).
وَفِي رِوَايَةِ لَهُ: (
وَلَمْ يُنَادِ فِي وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا )
| |
Hadits No. 205 | ||
Dari Ibnu Umar dan 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya Bilal akan ber-adzan pada malam hari maka makan dan minumlah sampai Ibnu Maktum ber-adzan. Ia (Ibnu Maktum) adalah laki-laki buta yang tidak akan beradzan kecuali setelah dikatakan kepadanya: Engkau telah masuk waktu Shubuh engkau telah masuk waktu Shubuh." Muttafaq 'alaihi. |
ََوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ وَعَائِشَةَ قَالَا:
قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِنَّ بِلَالاً يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا
حَتَّى يُنَادِيَ اِبْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ" وَكَانَ رَجُلاً أَعْمَى لَا يُنَادِي
حَتَّى يُقَالَ لَهُ: أَصْبَحْتَ أَصْبَحْتَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.
| |
Hadits No. 206 | ||
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu bahwa Bilal ber-adzan sebelum fajar lalu Nabi ﷺ menyuruhnya kembali pulang kemudian berseru, "Ingatlah bahwa hamba itu butuh tidur." Diriwayatkan dan dianggap hadits lemah oleh Abu Dawud. |
ََوَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ; (
إِنَّ بِلَالاً أَذَّنَ قَبْلَ اَلْفَجْرِ فَأَمَرَهُ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه
وسلم أَنْ يَرْجِعَ فَيُنَادِيَ: "أَلَا إِنَّ اَلْعَبْدَ نَامَ ) رَوَاهُ أَبُو
دَاوُدَ وَضَعَّفَهُ
| |
Hadits No. 207 | ||
Dari Abu Said al-Khudry radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Apabila engkau sekalian mendengar adzan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin." Muttafaq 'alaihi. |
ََوَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي
الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا سَمِعْتُمْ اَلنِّدَاءَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا
يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
| |
Hadits No. 208 | ||
Dalam riwayat Bukhari dari Muawiyah radhiyallahu 'anhu terdapat hadits yang semisalnya. |
ََوَلِلْبُخَارِيِّ: عَنْ
مُعَاوِيَةَ
| |
Hadits No. 209 | ||
Menurut riwayat Muslim dari Umar radhiyallahu 'anhu tentang keutamaan mengucapkan kalimat per kalimat sebagaimana yang diucapkan oleh sang muadzin kecuali dua hai'alah (hayya 'alash sholaah dan hayya 'alal falaah) maka hendaknya mengucapkan la haula wala quwwata illa billah. |
ََوَلِمُسْلِمٍ: ( عَنْ
عُمَرَ فِي فَضْلِ اَلْقَوْلِ كَمَا يَقُولُ اَلْمُؤَذِّنُ كَلِمَةً كَلِمَةً سِوَى
اَلْحَيْعَلَتَيْنِ فَيَقُولُ: "لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاَللَّهِ"
)
| |
Hadits No. 210 | ||
Utsman ibnu Abul 'Ash radhiyallahu 'anhu berkata, Wahai Rasulullah jadikanlah aku sebagai imam mereka perhatikanlah orang yang paling lemah dan angkatlah seorang muadzin yang tidak menuntut upah dari adzannya." Dikeluarkan oleh Imam Lima. Hasan menurut Tirmidzi dan shahih menurut Hakim. |
ََوَعَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ رضي
الله عنه ( أَنَّهُ قَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ اِجْعَلْنِي إِمَامَ قَوْمِي .
قَالَ : "أَنْتَ
إِمَامُهُمْ وَاقْتَدِ بِأَضْعَفِهِمْ وَاِتَّخِذْ مُؤَذِّنًا لَا يَأْخُذُ عَلَى
أَذَانِهِ أَجْرًا ) أَخْرَجَهُ اَلْخَمْسَةُ وَحَسَّنَهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ
.
| |
Hadits No. 211 | ||
Dari Malik ibnu Huwairits radhiyallahu 'anhu bahwa dia berkata: Nabi ﷺ pernah bersabda pada kami, "Bila waktu shalat telah tiba maka hendaklah seseorang di antara kamu menyeru adzan untukmu sekalian." Dikeluarkan oleh Imam Tujuh. |
ََوَعَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ رضي
الله عنه قَالَ : قَالَ لَنَا اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم (
وَإِذَا حَضَرَتِ اَلصَّلَاةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ
أَحَدُكُمْ . . . ) اَلْحَدِيثَ أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَةُ
.
| |
Hadits No. 212 | ||
Dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda kepada Bilal, "Jika engkau menyeru adzan perlambatlah dan jika engkau iqamat percepatlah dan jadikanlah antara adzan dan iqamatmu itu kira-kira orang yang makan telah selesai dari makannya." Hadits diriwayatkan dan dianggap lemah oleh Tirmidzi. |
ََوَعَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه أَنَّ
رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ لِبِلَالٍ : ( إِذَا أَذَّنْتَ فَتَرَسَّلْ وَإِذَا أَقَمْتُ
فَاحْدُرْ وَاجْعَلْ بَيْنَ أَذَانِكَ وَإِقَامَتِكَ قَدْرَ مَا يَفْرُغُ
اَلْآكِلُ مِنْ أَكْلِهِ ) اَلْحَدِيثَ . رَوَاهُ اَلتِّرْمِذِيُّ
وَضَعَّفَهُ .
| |
Hadits No. 213 | ||
Dalam riwayatnya pula dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda, "Tidak diperkenankan adzan kecuali orang yang telah berwudhu." Hadits tersebut juga dinilai lemah. |
ََوَلَهُ
: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ
: ( لَا يُؤَذِّنُ إِلَّا مُتَوَضِّئٌ ) وَضَعَّفَهُ أَيْضًا
| |
Hadits No. 214 | ||
Dalam riwayatnya yang lain dari Ziyad ibnul Harits bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang telah adzan maka dia yang akan iqamat." Hadits ini juga dinilai lemah. |
ََوَلَهُ
: عَنْ زِيَادِ بْنِ اَلْحَارِثِ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم ( وَمَنْ أَذَّنَ فَهُوَ يُقِيمُ ) وَضَعَّفَهُ
أَيْضًا
| |
Hadits No. 215 | ||
Menurut riwayat Abu Dawud dari hadits Abdullah ibnu Zaid bahwa dia berkata, Aku telah memimpikannya yaitu mimpi ber-adzan dan aku menginginkannya. Maka Rasulullah ﷺ bersabda, "Baik, iqamatlah engkau." Hadits ini juga lemah. |
ََوَلِأَبِي
دَاوُدَ: فِي حَدِيثِ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدٍ أَنَّهُ قَالَ : أَنَا
رَأَيْتُهُ - يَعْنِي : اَلْأَذَانُ - وَأَنَا كُنْتُ أُرِيدُهُ . قَالَ :
"فَأَقِمْ أَنْتَ " وَفِيهِ ضَعْفٌ أَيْضًا
| |
Hadits No. 216 | ||
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Muadzin itu lebih berhak untuk adzan dan imam itu lebih berhak untuk iqamat." Diriwayatkan dan dianggap lemah oleh Ibnu Adiy. |
ََوَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
( اَلْمُؤَذِّنُ أَمْلَكُ بِالْأَذَانِ وَالْإِمَامُ أَمْلَكُ بِالْإِقَامَةِ )
رَوَاهُ اِبْنُ عَدِيٍّ وَضَعَّفَهُ
| |
Hadits No. 217 | ||
Menurut riwayat Baihaqi ada hadits semisal dari 'Ali radhiyallahu 'anhu dari perkataannya sendiri. |
ََوَلِلْبَيْهَقِيِّ
نَحْوُهُ : عَنْ عَلِيٍّ مِنْ قَوْلِهِ
| |
Hadits No. 218 | ||
Dari Anas radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Do'a antara adzan dan iqamat itu tidak akan ditolak."
Riwayat Nasa'i dan dianggap lemah oleh Ibnu Khuzaimah. |
ََوَعَنْ أَنَسٍ رضي الله
عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا يُرَدُّ اَلدُّعَاءُ
بَيْنَ اَلْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ ) رَوَاهُ النَّسَائِيُّ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ
خُزَيْمَةَ
| |
Hadits No. 219 | ||
Dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang ketika mendengar adzan berdo'a: Allaahumma robba haadzihi da'watit taammati was sholaatil qooimati aati Muhammadanil washiliilata wal fadliilata wab 'atshu maqooman mahmuudal ladzi wa'adtahu (artinya: Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan dan bangunkanlah beliau dalam tempat yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan) maka dia akan memperoleh syafa'at dariku pada hari Kiamat." Dikeluarkan oleh Imam Empat. |
ََوَعَنْ
جَابِرٍ- رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ- أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ
: ( مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ اَلنِّدَاءَ : اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ
اَلدَّعْوَةِ اَلتَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ اَلْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا
اَلْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا اَلَّذِي
وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ اَلْقِيَامَةِ ) أَخْرَجَهُ
اَلْأَرْبَعَةُ .
| |
Ke halaman utama >> |