BAB SHALAT MUSAFIR DAN YANG SAKIT |
َبَابُ صَلَاةِ
اَلْمُسَافِرِ وَالْمَرِيضِ
| |
Hadits No. 453 | ||
'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, Shalat itu awalnya diwajibkan dua raka'at, lalu ia ditetapkan sebagai shalat dalam perjalanan, dan shalat di tempat disempurnakan (ditambah). Muttafaq 'alaihi. |
َعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( أَوَّلُ مَا
فُرِضَتْ اَلصَّلَاةُ رَكْعَتَيْنِ , فَأُقِرَّتْ صَلَاةُ اَلسَّفَرِ وَأُتِمَّتْ
صَلَاةُ اَلْحَضَرِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه
| |
Hadits No. 454 | ||
Menurut riwayat Bukhari: Kemudian beliau hijrah, lalu diwajibkan shalat empat raka'at, dan shalat dalam perjalanan ditetapkan seperti semula. |
َوَلِلْبُخَارِيِّ:
( ثُمَّ هَاجَرَ, فَفُرِضَتْ أَرْبَعًا, وَأُقِرَّتْ صَلَاةُ اَلسَّفَرِ عَلَى
اَلْأَوَّلِ )
| |
Hadits No. 455 | ||
Ahmad menambahkan: Kecuali Maghrib karena ia pengganjil shalat siang dan Shubuh karena bacaannya dipanjangkan. |
َزَادَ
أَحْمَدُ: ( إِلَّا اَلْمَغْرِبَ فَإِنَّهَا وِتْرُ اَلنَّهَارِ, وَإِلَّا
اَلصُّبْحَ, فَإِنَّهَا تَطُولُ فِيهَا اَلْقِرَاءَةُ
)
| |
Hadits No. 456 | ||
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Nabi ﷺ adakalanya mengqashar shalat dalam perjalanan dan adakalanya tidak, kadangkala puasa dan kadangkala tidak. Riwayat Daruquthni. Para perawinya dapat dipercaya, hanya saja hadits ini ma'lul. Adapun yang mahfudh dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha adalah dari perbuatannya, dan dia berkata: Sesungguhnya hal itu tidak berat bagiku. Dikeluarkan oleh Baihaqy |
َوَعَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ
يَقْصُرُ فِي اَلسَّفَرِ وَيُتِمُّ, وَيَصُومُ وَيُفْطِرُ ) رَوَاهُ
اَلدَّارَقُطْنِيُّ, وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ. إِلَّا أَنَّهُ مَعْلُول ٌوَالْمَحْفُوظُ
عَنْ عَائِشَةَ مِنْ فِعْلِهَا, وَقَالَتْ: ( إِنَّهُ لَا يَشُقُّ عَلَيَّ )
أَخْرَجَهُ اَلْبَيْهَقِيّ ُ
| |
Hadits No. 457 | ||
Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya Allah suka bila rukhshoh (keringanan)-Nya dilaksanakan sebagaimana Dia benci bila maksiatnya dilaksanakan." Riwayat Ahmad. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban. Dalam suatu riwayat: "Sebagaimana Dia suka bila perintah-perintah-Nya yang keras dilakukan." |
َوَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِنَّ اَللَّهَ
يُحِبُّ أَنْ تُؤْتَى رُخَصُهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ تُؤْتَى مَعْصِيَتُهُ )
رَوَاهُ أَحْمَدُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ, وَابْنُ حِبَّانَ وَفِي
رِوَايَةٍ: ( كَمَا يُحِبُّ أَنْ تُؤْتَى عَزَائِمُهُ
)
| |
Hadits No. 458 | ||
Anas radhiyallahu 'anhu berkata, Adalah Rasulullah ﷺ bila keluar bepergian sejauh tiga mil atau farsakh, beliau shalat dua raka'at. Riwayat Muslim. |
َوَعَنْ
أَنَسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
إِذَا خَرَجَ مَسِيرَةَ ثَلَاثَةِ أَمْيَال ٍ أَوْ فَرَاسِخَ, صَلَّى رَكْعَتَيْنِ
) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 459 | ||
Anas radhiyallahu 'anhu berkata, Pernah kami keluar bersama Rasulullah ﷺ dari Madinah ke Mekkah. Beliau selalu shalat dua raka'at-dua raka'at sampai kami kembali ke Madinah. Muttafaq 'alaihi dan lafadznya menurut Bukhari. |
ََعَنْهُ قَالَ: (
خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ اَلْمَدِينَةِ إِلَى
مَكَّةَ، فَكَانَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ حَتَّى رَجَعْنَا إِلَى
اَلْمَدِينَةِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ, وَاللَّفْظُ
لِلْبُخَارِيِّ
| |
Hadits No. 460 | ||
Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata, Nabi ﷺ menetap selama 19 hari, beliau mengqashar shalat. Dalam lafadz hadits lain: Di Mekkah selama 19 hari. Riwayat Bukhari. Dan dalam suatu riwayat menurut Abu Dawud: Tujuh belas hari. Dalam riwayat lain: Lima belas hari. |
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( أَقَامَ اَلنَّبِيُّ صلى الله
عليه وسلم تِسْعَةَ عَشَرَ يَقْصُرُ ) وَفِي لَفْظٍ: ( بِمَكَّةَ تِسْعَةَ عَشَرَ
يَوْمًا ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيّ ُوَفِي رِوَايَةٍ لِأَبِي دَاوُدَ: ( سَبْعَ
عَشْرَةَ )
وَفِي أُخْرَى: ( خَمْسَ
عَشْرَةَ )
| |
Hadits No. 461 | ||
Menurut riwayat Bukhari dari Imran ibnu Hushain radhiyallahu 'anhu : Delapan belas hari. |
ََوَلَهُ
عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ: ( ثَمَانِيَ عَشْرَةَ
)
| |
Hadits No. 462 | ||
Menurut riwayatnya pula dari Jabir radhiyallahu 'anhu : Beliau menetap di Tabuk 20 hari meng-qashar shalat. Para perawinya dapat dipercaya tetapi diperselisihkan maushul-nya. |
ََوَلَهُ
عَنْ جَابِرٍ: ( أَقَامَ بِتَبُوكَ عِشْرِينَ يَوْمًا يَقْصُرُ اَلصَّلَاةَ )
وَرُوَاتُهُ ثِقَاتٌ, إِلَّا أَنَّهُ اُخْتُلِفَ فِي وَصْلِه
ِ
| |
Hadits No. 463 | ||
Anas radhiyallahu 'anhu berkata, Biasanya Rasulullah ﷺ bila berangkat dalam bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan shalat Dzuhur hingga waktu Ashar. Kemudian beliau turun dan menjamak kedua shalat itu. Bila matahari telah tergelincir sebelum beliau pergi, beliau shalat Dzuhur dahulu kemudian naik kendaraan. Muttafaq 'alaihi. Dalam suatu hadits riwayat Hakim dalam kitab al-Arba'in dengan sanad shahih: Beliau shalat Dzuhur dan Ashar kemudian naik kendaraan. Dalam riwayat Abu Nu'aim dalam kitab Mustakhraj Muslim: Bila beliau dalam perjalanan dan matahari telah tergelincir, beliau shalat Dzuhur dan Ashar dengan jamak, kemudian berangkat. |
ََوَعَنْ
أَنَسٍ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا اِرْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ
تَزِيغَ اَلشَّمْسُ أَخَّرَ اَلظُّهْرَ إِلَى وَقْتِ اَلْعَصْرِ, ثُمَّ نَزَلَ
فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا, فَإِنْ زَاغَتْ اَلشَّمْسُ قَبْلَ أَنْ يَرْتَحِلَ صَلَّى
اَلظُّهْرَ, ثُمَّ رَكِبَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةِ اَلْحَاكِمِ فِي
"اَلْأَرْبَعِينَ" بِإِسْنَادِ اَلصَّحِيحِ: ( صَلَّى اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ,
ثُمَّ رَكِبَ ) وَلِأَبِي
نُعَيْمٍ فِي "مُسْتَخْرَجِ مُسْلِمٍ": ( كَانَ إِذَا كَانَ فِي سَفَرٍ, فَزَالَتْ
اَلشَّمْسُ صَلَّى اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا, ثُمَّ اِرْتَحَلَ
)
| |
Hadits No. 464 | ||
Muadz radhiyallahu 'anhu berkata, Kami pernah pergi bersama Rasulullah ﷺ dalam perang Tabuk. Beliau shalat Dzuhur dan Ashar dengan jamak serta Maghrib dan Isya' dengan jamak. Riwayat Muslim. |
ََوَعَنْ
مُعَاذٍ رضي الله عنه قَالَ: ( خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ، فَكَانَ يُصَلِّي اَلظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا,
وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا ) رَوَاهُ
مُسْلِمٌ
| |
Hadits No. 465 | ||
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Jangan meng-qashar shalat kurang dari empat burd, yakni dari Mekkah ke Usfan." Diriwayatkan oleh Daruquthni dengan sanad lemah. Menurut pendapat yang benar hadits ini mauquf sebagaimana yang dikeluarkan oleh Ibnu Khuzaimah. |
ََوَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم : ( لَا تَقْصُرُوا اَلصَّلَاةَ فِي أَقَلَّ مِنْ أَرْبَعَةِ بُرُدٍ;
مِنْ مَكَّةَ إِلَى عُسْفَانَ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِإِسْنَادٍ
ضَعِيف
وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ
مَوْقُوفٌ، كَذَا أَخْرَجَهُ اِبْنُ
خُزَيْمَةَ
| |
Hadits No. 466 | ||
Dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Sebaik-baik umatku adalah mereka yang bila berbuat kesalahan memohon ampunan dan bila bepergian meng-qashar shalat dan membatalkan puasa." Dikeluarkan oleh Thabrani dalam Ausath dengan sanad yang lemah. Hadits tersebut juga terdapat dalam Mursal Said ibnu al-Musayyab dengan ringkas. |
ََوَعَنْ
جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( خَيْرُ
أُمَّتِي اَلَّذِينَ إِذَا أَسَاءُوا اِسْتَغْفَرُوا, وَإِذَا سَافَرُوا قَصَرُوا
وَأَفْطَرُوا ) أَخْرَجَهُ اَلطَّبَرَانِيُّ فِي "اَلْأَوْسَطِ" بِإِسْنَادٍ
ضَعِيفٍ وَهُوَ فِي مُرْسَلِ سَعِيدِ بْنِ اَلْمُسَيَّبِ عِنْدَ اَلْبَيْهَقِيِّ
مُخْتَصَر
| |
Hadits No. 467 | ||
Imam Ibnu Hushain radhiyallahu 'anhu berkata, Aku mempunyai penyakit bawasir, bila aku menanyakan kepada Nabi ﷺ tentang cara shalat. Beliau bersabda, "Shalatlah dengan berdiri, jika tidak mampu maka dengan duduk, dan jika tidak mampu maka dengan berbaring." Riwayat Bukhari. |
ََوَعَنْ
عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( كَانَتْ بِي
بَوَاسِيرُ, فَسَأَلْتُ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَنْ اَلصَّلَاةِ؟ فَقَالَ:
"صَلِّ قَائِمًا, فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا, فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ
فَعَلَى جَنْبٍ" ) رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ
| |
Hadits No. 468 | ||
Jabir radhiyallahu 'anhu: Nabi ﷺ pernah menjenguk orang sakit. Beliau melihat orang itu sedang shalat di atas bantal, lalu beliau membuangnya. Beliau bersabda, "Shalatlah di atas tanah bila engkau mampu, jika tidak maka pakailah isyarat, dan jadikan (isyarat) sujudmu lebih rendah daripada (isyarat) ruku'mu." Riwayat Baihaqi dan Abu Hatim membenarkan bahwa hadits ini mauquf. |
ََوَعَنْ
جَابِرٍ قَالَ: ( عَادَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم مَرِيضًا, فَرَآهُ يُصَلِّي
عَلَى وِسَادَةٍ, فَرَمَى بِهَا, وَقَالَ: "صَلِّ عَلَى اَلْأَرْضِ إِنْ
اِسْتَطَعْتَ, وَإِلَّا فَأَوْمِ إِيمَاءً, وَاجْعَلْ سُجُودَكَ أَخْفَضَ مِنْ
رُكُوعِكَ" ) رَوَاهُ اَلْبَيْهَقِيُّ. وَصَحَّحَ أَبُو حَاتِمٍ
وَقْفَهُ
| |
Hadits No. 469 | ||
'Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, Aku melihat Nabi ﷺ shalat dengan bersila. Riwayat Nasa'i. Menurut Al-Hakim hadits tersebut shahih. |
ََوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( رَأَيْتُ
اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّي مُتَرَبِّعًا ) رَوَاهُ النَّسَائِيُّ.
وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ.
| |
Ke halaman utama >> |