1. Pengertian
Shalat Tarawih adalah shalat sunnah dengan niat tertentu yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadhan selepas shalat Isya. Hukum shalat Tarawih adalah sunnah ‘ainiyah muakkadah baik bagi laki-laki maupun perempuan yang mukallaf.
Dalam tradisi Nusantara shalat Tarawih adalah 20 raka’at ini dikerjakan dengan dua raka’at salam, hal ini berdasarkan hadits Nabi tentang tatacara melaksanakan shalat malam.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. عَنْ صَلَاةِ الَّليْلِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى
Dari Ibnu Umar, ”Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang shalat malam. Nabi menjawab, “Shalat malam itu adalah dua raka'at - dua raka'at.”
(Hadits al-Bukhari no. 936, Muslim no. 1239, at-Tirmidzi no. 401, an-Nasa’i no. 1650, Abu Dawud no. 1130 dan Ibnu Majah no. 1165).
2. Dalil Tarawih 20 Raka’at
Di antara dalil menjalankan Tarawih 20 raka'at ialah:
Pertama hadits Imam Malik dari sahabat Yazid ibn Rumman.
عَنْ مَالِكٍ عَنْ يَزِيْدَ بْنِ رُمَّانَ اَنَّهُ قَالَ: كَانَ النَّاسُيَقُوْمُوْنَ فِىْ زَمَنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثِ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Dari Malik, dari Yazid ibn Rumman, ia mengatakan: Orang ramai mengerjakan (Tarawih) pada zaman Umar ibn Khatthab sebanyak 23 raka'at”. (Hadits Imam Malik, dalam kitab Al-Muwatha, Juz I hlm. 138)
Kedua hadits riwayat al-Baihaqi dari sahabat Saib ibn Yazid dalam kitab Al-Hawy li Al Fatawa li as Suyuthy, Juz I hlm. 350, juga kitab Fath al-Wahhab Juz I, hlm. 58.
وَمَذْهَبُنَا اَنَّ التَّرَاوِيْحَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً لِمَا رَوَى اْلبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ باِلْاِسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ الصَّحَابِيِّ رَضِيَ للهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا نَقُوْمُ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ _ هَكَذَا ذَكَرَهُ اْلمُصَنِّفِ وَاسْتُدِلَّ بِهِ
Madzhab kita (Syafi’iyah) menyatakan: shalat Tarawih itu dijalankan 20 raka'at. Ini berdasarkan pada hadits Nabi yang diriwayatkan Imam Baihaqi dengan sanad shahih, dari Saib ibn Yazid, ia mengatakan: "Kami mengerjakan shalat Tarawih pada masa Umar ibn Khatthab dengan 20 raka'at ditambah Witir."
Ketiga, pendapat jumhur fiqah yang terdapat dalam kitab Fiqh as-Sunnah, Juz II. hlm. 45
وَصَحَّ النَّاسُ كَانُوْا يُصَلُّوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيِّ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً. وَهُوَ رَأْىُ الْجُمْهُوْرِ الْفُقَهَاءِ
"Benar bahawa kaum Muslimin mengerjakan shalat pada zaman Umar, Utsman, dan Ali sebanyak 20 raka'at, dan ini pendapat jumhur fuqaha."
Dalil keempat, dalam kitab Taubib al-Adillah, Juz III, hlm. 171.
عَنْ اِبْنِ عَبَسَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّى فِىْ شَهْرِ رَمَضَانَ فِىْ غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ.رواه البيهقى والطبرنى عن عبد بن حمد
"Ibnu Abbas mengatakan: Rasulullah ﷺ shalat di bulan Ramadhan sendirian sebanyak 20 raka'at ditambah Witir."
(Hadith Baihaqi dan Thabrani, dari Abd ibn Humaid)
Dalil kelima, dalam kitab Hamisy Muhibbah, Jus II, hlm. 446-467.
وَفِىْ تَخْرِيْجِ أَحَادِيْثَ الرَّافِعِيْ لِلْاِمَامِ اْلحَاِفظْ اِبْنِ حَجَرَ مَا نَصَّهُ حَدِيْثُ اَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّ بِالنَّاسِ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً لَيْلَتَيْنِ فَلَمَّا كَانَ فِىْ لَيْلَةِ الثَّالِثَةِ اجْتَمَعَ النَّاسُ فَلَمَّا يَخْرُجَ اِلَيْهِمْ ثُمَّ قَالَ مِنَ الْغَدِّ خَشِيْتُ اَنْ تَفْرُضَ عَلَيْكُمْ فَلَا تُتِيْقُوْنَهَا. متفق على صحته من حديث عائسة رضي الله عنها دون عدد الركعات
Ada huraian Imam Rafi’i untuk hadits riwayat Imam Ibnu Hajar tentang matan hadits Rasulullah shalat bersama kaum Muslimin sebanyak 20 raka'at di malam Ramadhan. Ketika tiba di malam ketiga, orang ramai berkumpul, namun Rasulullah tidak keluar. Kemudian, paginya baginda bersabda: "Aku bimbang Tarawih diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mampu melaksanakannya." Hadits ini disepakati keshahihannya, tanpa dipinggir hadits yang diriwayatkan Siti 'Aisyah yang tidak menyebut bilangan raka'atnya. Sedangkan shalat Tarawih berjama’ah hukumnya sunnah ainiyah, menurut ulama khanafiyah hukumnya sunnah kifayah. Dalil ini berdasarkan hadits Abu Durahman ibn Abdul Qari dalam kitab shahih al-Bukhari.
عَنْعَبْدِالرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ الْقَارِيِّ اَنَّهُ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ لَيْلَةٌ فِىْ رَمَضَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ فَاِذَا النَّاسُ اَوْزَاعٌ مُتَفَرَّقُوْنَ يُصَلِّ الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ وَيُصَلِّ الرَّجُلُ فَيُصَلِّ بِصَلَاتِهِ الرَّهْطُ فَقَالَ عُمَرُ اِنِّي اَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلَاءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لَكَانَ اَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبَيَّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خّرَجَتْ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى وَالنَّاسُ يُصَلُّوْنَ بِصَلَاةِ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرَ نِعْمَ البِدْعَةُ هَذِهِ
“Diriwayatkan dari Abdurrahman ibn Abdul al-Qori, beliau berkata: “Saya keluar bersama Sayyidina Umar al-Khatthab ke masjid pada bulan Ramadhan. (Didapati dalam masjid tersebut) orang ramai shalat Tarawih sendirian sendirian. Ada yang shalat sendiri-sendiri dan ada yang shalat dengan berjama’ah”. Lalu Sayyidina Umar berkata, “Saya punya pendapat andaikata mereka aku kumpulkan dalam jama’ah dengan satu imam, niscaya itu lebih bagus”. Lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni sahabat Ubay ibn Ka’ab. Kemudian malam berikutnya, kami datang lagi ke masjid. Orang ramai sudah melaksanakan shalat satu imam. Umar berkata, “ Sebaik-baiknya bid’ah adalah yang ini. (Shalat Tarawih dengan berjama’ah)”.
(Hadits Shahih al-Bukhari no. 1871).
Dalam tradisi Nusantara, melaksanakan shalat Tarawih berjama’ah biasanya Sayyidina Bilal akan membaca صاواسنة ا لراوى yang dibaca pada waktu akan melakukan jama’ah shalat Tarawih. Hal ini berdasarkan dalil dalam kitab Al-Qolyubi Juz, I hlm. 125.
(وَيُقَالُ فِى اْلعِيْدِ وَنَحْوِهِ) مِمَّا تُشْرَعُ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ كَاالْكُسُوْفِ وَالْاِسْتِسْقَاءِ وَالتَّرَاوِيْحِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) لِوُرُوْدِ فِيْ حَدِيْثِ الشَّيْخَيْنِ فِى اْلكُسُوْفِ وَيُقَاسُ بِهِ وَنَحْوِهِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) وَمِثْلُهُ “هَلُمُّوْا اِلَى الصَّلَاةِ اَوِالْفَلَاحِ اَوِالصَّلَاةِ يَرْحَمُكُمُ اللهُ وَنَحْوُ ذَلِكَ.ھ
“Di dalam shalat Ied dan shalat-shalat yang disyari'atkan, dilaksanakan secara berjama’ah (seperti shalat Khusuf, shalat Istisqa dan shalat Tarawih) disunnahkan membaca الصلاة جامعة dan bacaan semisalnya seperti هلمواالى الصلاة atau هلموا الى الفلاح يرحمكم الله dan lain sebagainya. Hal ini berdasarkan hadits Bukhari wa Muslim tentang shalat Khusuf, adapun yang lainnya di kias-kiaskan”.
Kaitannya dengan hadits Bukhari yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah radhiyallahu 'anha:
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلَافِى غَيْرِهِ عَلَى اِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
“Dari Sayyidatuna 'Aisyah-radhiyallahu 'anha, ia berkata: ”Rasulullah ﷺ tidak pernah menambah shalat malam pada bulan Ramadhan atau bulan lain melebihi sebelas raka'at”.
(Hadits al-Bukhari, no. 1079)
Hadits di atas sering dijadikan dalil shalat Tarawih 11 raka'at. Namun menurut keterangan dalam Kitab Tuhfah al-Muhtaj, Juz 11, hal 229 yang mengutip pendapat Ibnu Hajar al-Haitami (yang menghukum penjara dan memfatwakan Ibnu Taimiyyah sesat) mengatakan bahwa hadits tersebut bukanlah dalil shalat Tarawih 11 raka'at melainkan dalil shalat Witir. Sebab berdasarkan kebanyakan riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ melaksanakan shalat Witir dan bilangan maksimal-nya adalah sebelas raka'at.
Dalam Kitab Kasyfu At-Tabarih dikatakan:
وَلمَاَّ كَانَتْ تِلْكَ اْلَاحَادِيْثُ مُتَعَارِضَةٌ وَمُحْتَلِمَةٌ لِلتَّأْوِيْلِ لَمْ تَقُمْ بِهَا الْحُجَّةُ فِى اِثْبَاتِ رَكَعَاتِ التَّرَاوِيْحِ لِتَسَاقُطِهَا فَعَدَّ لْنَا عَنِ اسْتِدْلَالِ بِهَا اِلَى الدَّلِيْلِ اْلقَاطِعِ وَهُوَ اْلاِجْمَاعُ وَهُوَ اِجْمَاعُ اْلمُسْلِمِيْنَ فِى زَمَنِ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَلَى فِعْلِهَا عِشْرِيْنَ رَكْعَةً رَوَاهُ الْبَيْهَقِى بِااسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كَانُوْا يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرُ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً
“Karena dalil-dalil tentang bilangan raka'at shalat Tarawih saling berlawanan dan memungkinkan adanya ta’wil maka tidak memungkinkan untuk dijadikan hujjah dalam menetapkan raka'at shalat Tarawih karena dalil-dalil tersebut saling menjatuhkan maka dari itu kami tidak mengambil dalil dari hadits-hadits tersebut melainkan menggunakan dalil yang Qat’ie yaitu ijma' jumhur ulama (di zaman Sayyidina Umar) yang melaksanakan shalat Tarawih 20 raka'at berdasarkan hadits riwayat al-Baihaqi dari sahabat Saib ibn Yazid radhiyallahu 'anhu dengan isnad yang shahih, Saib mengatakan: "Mereka (Muslimin) mengerjakan shalat Tarawih 20 raka'at pada bulan Ramadhan di zaman Khalifah Umar radhiyallahu 'anhu”
Lebih lanjut dalam kitab Kasyfu at-Tabarih dikatakan:
وَاِذَاكَانَ اْلاَمْرُ كَذَلِكَ عَلِمْنَا اَنَّ اللَّذِيْنَ صَلُّوْا التَّرَاوِيْحَ الْيَوْمَ ثَمَانَ رَكَعَاتٍ مُخَلِّفُوْنَ لِلْاِجْمَاعِ اِنْ كَانَ فِى اَمْرٍ مَعْلُوْمٍ مِنَ الدِّيْنِ بِاالضَّرُوْرَةِ فَهُوَ كَافِرٌ وَاِلَّا فَهُوَ فَاسِقٌ وَهُمْ مُخَالِفُوْاأَيْضًا لِسُنَّةِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَمَنْ خَالَفَ سُنَّةَ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ فَقَدْ خَالَفَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ غَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِاَنَّهُ قَالَ فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ خُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اْلمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِيْ
“Dan jika permasalahannya seperti itu (dalil yang Qat’ie adalah dalil ijma' yang membenarkan bilangan raka'at Tarawih 20 raka'at) maka dapat kita ketahui bahwa mereka yang melaksanakan shalat Tarawih 8 raka'at adalah bertentangan dengan ijma' dan orang yang mengingkari ijma' tentang permasalahan yang sudah pasti dalam agama adalah kafir atau fasik dan mereka juga bertentangan dengan sunnah Khulafar Rasyidin dan orang yang bertentangan dengan Khulafar Rasyidin juga bertentangan dengan Nabi ﷺ, karena baginda bersabda: “Berpegang teguhlah kamu sekalian dengan sunnah-ku dan dengan sunnah Khulafar Rasyidin yang memberi petunjuk sesudahku."
(Hadits Abu Dawud dan at-Tirmidzi)
Wallahu a'lam