وعليك - بالخشوع في صلاتك
وحضور القلب، وتحسين القيام، وترتيل القراءة وتدبرها، وإتمام الركوع والسجود وسائر الأركان، والمحافظة على السنن والآداب التي ندبك الشرع إلى العمل بها في الصلاة ، والاحتراز عما يوجب نقصاً في الصلاة أو يفوت به وجود الكمال؛ فإنك إن فعلت ذلك خرجت صلاتك بيضاء مسفرة تقول: حفظك الله كما حفظتني، وإلا خرجت سوداء مظلمة تقول: ضيعك الله كما ضيعتني. وقد قال عليه الصلاة والسلام: ليس للمرء من صلاته إلا ما عقل منها
Hendaklah engkau selalu melaksanakan shalat dengan khusyu', hadirkan hatimu, berdirilah dengan baik, bacalah ayat-ayat Al-Qur`an dengan tartil dan renungkan makna yang dikandungnya. Kerjakan ruku`, sujud dan semua rukun salat dengan sempurna. Perhatikan pula sunnah-sunnah dan adab-adab shalat, serta hindari kekurangan dan hilangnya kesempurnaan shalat. Jika keterangan di atas dapat engkau amalkan dengan baik, maka shalatmu akan keluar dalam keadaan putih dan bersinar terang, lalu ia kemudian berkata : “Semoga Allah memeliharamu sebagaimana engkau memeliharaku.”
Sebaliknya, jika engkau tidak mengamalkannya, maka shalatmu akan keluar dalam keadaan hitam pekat sambil berkata : “Semoga Allah menyia-nyiakanmu sebagaimana engkau menyia-nyiakanku.”
وقال الحسن البصري رحمه الله: كل صلاة لا يحضر فيها القلب فهي إلى العقوبة أسرع
Hasan al-Basriy rahimahullah berkata, “Seseorang yang tidak mengahdirkan hatinya ketika shalat, maka shalat itu dapat mempercepat siksa yang ditimpakan padanya.”
والشيطان لعنه الله حريص على أن يشغل المؤمن عن صلاته، حتى إنه يفتح عليه عند قيامه إلى الصلاة أبواباً من الحوائج ويذكره أشياء من الأمور التي تهمه في دنياه لم تكن له قبل الصلاة على بال، وقصد اللعين بذلك أن يشغله في صلاته عن الإقبال على الله والحضور معه فيها، وإذا لم يحصل له ذلك فاته الإقبال على الله، وربما خرج من صلاته مأزوراً، ولذلك استحب العلماء رحمهم الله للمصلي أن يقرأ عند إرادة الدخول في الصلاة قل أعوذ برب الناس(1) تحصناً من الشيطان الرجيم
Setan yang terkutuk selalu berusaha sekuat tenaga mengganggu orang yang sedang shalat untuk mengingat segala macam urusan keduniaan yang sebelumnya tak terlintas dalam hatinya, setan bertujuan agar orang itu menghadap Allah dengan tidak menghadirkan-Nya dalam shalat. Jika tujuan setan ini berhasil, maka orang itu tak akan dapat menghadap Allah dengan sempurna, bahkan ketika ia selesai menunaikan shalat, ia tak akan mendapat pahala, bahkan dosa yang ia peroleh. Oleh sebab itu, para ulama menganjurkan kita membaca surat Qul a`udzu birabbin nas sebelum shalat, untuk membentengi diri dari godaan setan.
وينبغي - أن لا تداوم في صلاتك على قراءة سورة مخصوصة بعد الفاتحة، إلا إن ورد الشرع به، وذلك كقراءة (الم السجدة، وهل أتى على الإنسان) في صبح يوم الجمعة
Dan hendaknya engkau tidak merutinkan membaca surat-surat tertentu di dalam shalat engkau sesudah membaca Al-Fatihah, kecuali jika ada riwayat yang menganjurkannya, seperti membaca Alif lam mim assajdah dan Hal ataa alal insan setiap shalat Shubuh pada hari Jum'at.
واحذر أن تداوم في صلاتك على قراءة السور القصيرة كالكافرون والإخلاص والمعوذتين
__________
(1) 1 أي سورة الناس كلها
وإن كنت إماماً، فالمصير إلى التخفيف المندوب إليه الإمام إلى حديث معاذ رضي الله عنه وهو أنه أمَّ قوماً فأطال عليهم جدّاً فشكاه رجل منهم إلى رسول الله ﷺ، فقال له عليه الصلاة والسلام: "أفتان أنت يا معاذ اقرأ بسبح الأعلى، والشمس وضحاها، والليل إذا يغشى". ومن نظر في كتب الأثر عرف ما قلناه، وقد روي أن آخر صلاة صلاها رسول الله ﷺ بالناس صلاة المغرب قرأ فيها بالمرسلات عرفاً. والله يهدي من يشاء إلى صراط مستقيم
Hindarilah membaca surat-surat pendek secara rutin di dalam shalat Anda, seperti Al-Kafirun, Al-Ikhlah, dan Al-Muawwidzatain. Jika engkau seorang imam, maka engkau boleh meringankan bacaanmu berdasarkan hadits Muaz ra. bahwa ia penah mengimami suatu kaum dan ia membaca surat yang cukup panjang, sehingga ada orang melaporkannya kepada Rasulullah ﷺ. maka Rasulullah lalu menegurnya, “Apakah engkau menjadi tukang fitnah, hai Muaz. Sebaiknya bacalah sabbihisma rabbikal a`la, wasy syamsi wa dhuhaaha wallaili idza yagh-syaa.”
Diriwayatkan juga bahwa shalat jama'ah Nabi ﷺ. yang terakhir adalah shalat Maghrib, dan surat yang dibacanya ialah Al-Mursalat.
Dan Allah-lah yang menunjukkan seseorang yang dikehendaki ke jalan yang lurus.
(Risalatul Mu'awwanah)