وعليك - بالإكثار من قراءة كتب الحديث والتفسير
ومن مطالعة كتب القوم عامة فإن ذلك فتح عام وسلوك تام كما قال بعض العارفين
Perbanyaklah membaca kitab hadits, tafsir dan kitab sufi umum lainnya, supaya engkau memperoleh keberhasilan sempurna dalam melangkah di atas jalan yang lurus, sesuai dengan perkataan kaum arifin.
ولكن ينبغي لك أن تحترز عما يشتمل من رسائلهم على الأمور الغامضة والحقائق المجردة وهذه الأشياء توجد في أكثر مؤلفات الشيخ ابن عربي وفي شيء من رسائل الإمام الغزالي كالمعراج والمضنون به
Hendaklah engkau tidak membaca kitab-kitab sufi yang memiliki pemahaman kata yang sulit dan tak jelas. Hal ini dapat kita temui dalam risalah-risalah Ibnu Araby dan Ridalah karangan Imam al-Ghazali yang berjudul Al-Mi`raj wal Madhawa.
وقد ذكر الشيخ زروق(1) في "تأسيس القواعد" قاعدة في التحذير من الكتب التي تجري هذا المجرى فراجعها إن شئت، ولم يذكر في جملتها مؤلفات الشيخ عبد الكريم الكيلاني، لأنه متأخر ومؤلفاته عن آخرها مما ينبغي الاحتراز عنها إيثاراً للسلامة
Syeikh Zaruq dalam kitabnya, Ta`sisul Qawaid, memperingatkan kita untuk tidak mempelajari kitab-kitab tersebut untuk menyelamatkan diri kita dari kesesatan.
Beliau tidak menyebuttkan risalah Syeikh Abdul Karim al-Kailani yang disusun setelah zamannya, yang seluruh karangannya pun harus dijauhi, demi menjaga keselamatan beragama.
فإن - قال قائل لا بأس علي في مطالعة هذه الكتب،لأني آخذ ما أفهمه وأسلم لما لا أفهمه لقائله (قيل له) قد أنصفت، ونحن إنما نخشى عليك مما تفهمه أن تفهمه على غير وجهه فتضل عن سواء السبيل، كما وقع ذلك لأقوام عكفوا على مطالعة هذه الكتب فصاروا في زندقة وإلحاد، وقالوا بالحلول والاتحاد، فلا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم
Apabila ada yang berkata : “Aku pelajari kitab-kitab ini hanya untuk mengambil apa-apa yang dapat kupahami, dan aku serahkan pengertian yang tak mampu kupahami pada pengarangnya.”
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu ialah : “Anda memang orang yang bijaksana. Tetapi saya khawatir bila Anda salah dalam memahaminya dan Anda pun tersesat dari jalan kebenaran seperti yang dialami oleh orang-orang yang sebelumnya yang akhirnya terjerumus dalam aliran-aliran yang menyesatkan antara lain paham tahallul, ittihad (wahdatul wujud) dan yang paling berbahaya ialah dapat menjadikan mereka kafir zindiq.”
(Risalatul Mu'awwanah)