وينبغي أن يكون لك ورد من ذكر الله تعالى
تحده بوقت أو تحصره بعدد وحينئذ فلا بأس بالسبحة لضبط العدد
واعلم - أن الذكر ركن الطريق، ومفتاح التحقيق، وسلاح المريدين، ومنشور الولاية، كما قال بعض العارفين. وقد قال الله تعالى (فاذكروني أذكركم) وقال تعالى (فاذكروا الله قياماً وقعوداً وعلى جنوبكم) وقال تعالى (يا أيها الذين آمنوا اذكروا الله ذكراً كثيراً) وقال رسول الله ﷺ: يقول الله تعالى: أنا عند ظن عبدي بي، وأنا معه حين يذكرني، فإن ذكرني في نفسه ذكرته في نفسي، وإن ذكرني في ملأ ذكرته في ملأ خير منه
Hendaklah engkau jadikan dzikrullah sebagai wirid dengan waktu dan jumlah yang telah ditentukan. Dan tak ada salahnya kita gunakan tasbih untuk menentukan jumlahnya.
Sebagian orang arif berkata : “Dzikir adalah rukun thariqat, kunci hakikat, senjata murid, dan pancaransinar kewalian.”
Firman Allah Ta`ala,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingatmu.” (QS. Al-Baqarah : 152)
Allah juga berfirman,
فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّـهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا
“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa` : 103)
Demikian juga Allah berfirman dalam ayat yang lain,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّـهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab : 41)
Rasulullah ﷺ juga bersabda,
يَقُوْ لُ اللَّهَ تَعَالَى أَنَاعِنْدَظَنِّ عَبْدِىْ بِىْ وَأَنَامَعَهُ حِيْنَ يَذْكُرُنِىْ فَإِنْ ذَكَرَنِىْ فِىْ نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِىْ نَفْسِىْ وَإِنْ ذَكَرَنِىْ فِىْ مَلَإٍذَكَرْتُهُ فِىْ مَلَإِخَْيْرٍمِنْهُ
وقال عليه السلام: "يقول الله تعالى: "أنا جليس من ذكرني" وقال عليه السلام ألا أنبئكم بخير أعمالكم وأزكاها عند مليككم وأرفعها في درجاتكم وخير لكم من إنفاق الذهب والورق ومن أن تلقوا عدوكم فتضربوا أعناقهم ويضربوا أعناقكم قالوا بلى قال ذكر الله
Dalam hadits Qudsi yang lain beliau juga bersabda,
يَقُوْلُ اللَّهُ تَعَالَى أَنَاجَلِيْسُ مَنْ ذَكَرَنِىْ
“Allah Ta`ala berfirman, Aku adalah teman duduk orang yang selalu ingat kepada-Ku.”
Beliau juga bersabda,
أَلَاأُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَزْكَاهَاعِنْدَمَلِيْكِكُمْ وَأَرْفَعِهَافِى دَرَجَاتِكُمْ وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِنْفَاقِ الذَّهَبِ وَالْوَرَقِ وَمِنْ أَنْ تُلْقُوْا عَدُوْكُمْ فَتَضْرِبُوْاأَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوْاأَعْنَاقَكُمْ قَالُوْا بَلَى قَالَ ذِكْرُاللَّهِ
“Maukah kamu aku beritahukan amalan-amalanmu yang terbaik dan tersuci di sisi Rajamu (yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala) dan dapat meninggikan derajatmu, serta lebih baik bagimu daripada bersedekah emas dan perak, dan mengalahkan musuhmu di gelanggang pertempuran.” Para sahabat menjawab, “Tentu saja wahai Rasulullah!” Rasulullah ﷺ menjawab, “Yang terbaik dari semua itu ialah dzikrullah.”
وللذكر ثمرات ونتائج يجدها من واظب عليه بوصف الأدب والحضور، أقلها أن يجد فيه من الحلاوة واللذة ما يستحقر في جنبه كل ما يعرفه من اللذات الدنيوية والملاهي. وأعلاها أن يفنى بالمذكور عن الذاكر وعما سواه
Dzikir mengandung beberapa nilai kemanfaatan yang tinggi, dari buah dan saripatinya, hanya orang yang istiqamah, beradab dan menghadirkan hatinya dalam berdzikrullah yang akan merasakan manis dan lezatnya dzikir.
Tingkat paling rendah orang yang merasakan manisnya berdzikir adalah apabila ia sudah mampu berpaling dari kelezatan dunia, sedangkan tingkat tertinggi yang ia capai ialah menemukan kefanaan pada dirinya sendiri dan segala sesuatu selain Allah Subhanahu wa Ta'ala.
ومن قعد وهو على طهارة في خلوة مستقبل القبلة ساكن الأطراف مطرق الرأس ثم ذكر الله بقلب حاضر وأدب وافر ، رأى للذكر في قلبه أثراً ظاهراً. فإن دام على ذلك أشرقت عليه أنوار القرب وانكشفت له أسرار الغيب
Barangsiapa duduk di tempat sunyi dalam keadaan suci menghadap kiblat, khusyu' anggotanya dengan kepala tertunduk, lalu berdzikir dengan menghadirkan hati, maka ia akan merasakan pengaruh dzikir itu dalam dirinya, bersinarnya cahaya pendekatan diri kepada Allah dan terbukanya rahasia ghaib.
وأفضل الذكر ما كان بالقلب واللسان، وذكر القلب أن يكون حاضراً فيه معنى الذكر الذي يجري على اللسان كالتقديس والتوحيد عند التسبيح والتهليل
Dzikir yang paling baik ialah dengan menghadirkan makna dzikir di dalam hati, misalnya dengan menghayati kesucian Allah ketika membaca Subhanallah, dan ke-Esaan-Nya ketika melafalkan la ilaha illallah.
والأفضل للذاكر من الإسرار والجهر بالذكر والقراءة الأصلح منهما لقلبه، والذكر هو الورد الدائم المستمر، فاجتهد أن لا يزال لسانك رطباً منه في كل حال إلا في وقت ورد لا يمكن الجمع بينه وبين الذكر كالقراءة والتفكر، ويكون في هذه العبادات وغيرها من القربات ذاكراً لله تعالى بالمعنى الأعم، ولا تقتصر على معنى واحد من الذكر بل ينبغي أن يكون لك من كل نوع ورد
Hendaklah lisanmu selalu basah dengan dzikir dalam situasi dan kondisi apa pun, kecuali dalam keadaan bertafakur dan membaca Al-Qur`an, karena kita tak akan mampu berdzikir dan melakukan amalan-amalan tersebut secara bersamaan.
Di samping itu, janganlah engkau hanya menggunakan satu dzikir saja, dan sebaiknya engkau gunakan beraneka ragam dzikir yang lain.
(Risalatul Mu'awwanah)