وعليك - بالمحافظة على آداب السنة ظاهراً وباطناً
وعادة وعبادة تكمل لك المتابعة ويتم لك الاقتداء برسول الله صلى الله عليه وسلم رسول الرحمة ونبي الهدى
Hendaklah dalam mengerjakan aktivitas yang lahir dan bathin, adat kebiasaan atau ibadah, engkau selalu mengikuti sunnah Rasul, agar menjadi pengikutnya yang sejati.
وإن سرك أن تكون من الصديقين فلا تدخل في شيء من العادات -فضلاً عن العبادات- حتى تبحث وتنظر هل دخل فيه رسول الله ﷺ أو أحد من الصحابة الأئمة، فإن لم تجدهم دخلوا فيه مع القدرة على ذلك فأمسك عنه، وإن شملته الإباحة، فإنهم ما أمسكوا عنه إلا لخير علموه في تركه، وإن رأيتهم دخلوا فيه فاعرف أولاً كيفية دخولهم فيه واقتد بهم في ذلك، وقد أمسك بعض العلماء عن أكل البطيخ وقال قد بلغني أنه عليه الصلاة والسلام أكله ولكن لم يبلغني كيفية تناوله له فلذلك أتركه
Jika ingin masuk dalam golongan Ash-Shadiqin, yaitu orang-orang yang tulus ikhlas pada Allah, maka janganlah engkau mengerjakan aktivitas yang berhubungan dengan adat kebiasaan dan lebih-lebih ibadah sebelum engkau mengetahui terlebih dahulu apakah Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya telah mengerjakannya. Jika tak seorang pun di antara mereka mengerjakannya, maka janganlah engkau kerjakan amalan itu, karena mereka, para sahabat tak akan meninggalkan suatu pekerjaan kecuali ia telah mengetahui adanya manfaat yang lebih besar dalam meninggalkan amalan tersebut.
وقد تقدم فيما قبل هذا الفصل ويأتي فيما بعده إن شاء الله تعالى نبذة من الآداب التي تتأكد المحافظة عليها في العبادات
ونذكر الآن في هذا الفصل نبذة من الآداب التي ينبغي المحافظة عليها في العادات فنقول
Sebagian ulama enggan memakan buah semangka. Mereka berkata, memang benar kami telah memperoleh keterangan bahwa Rasulullah pernah makan buah semangka. Tetapi, karena saya tidak mengetahui tata cara beliau memakannya maka kami enggan memakannya.
اعلم أن من حافظ في عاداته على الآداب النبوية حفظه الله من التعدي إلى ما وراءها من الأعمال والأخلاق الردية وحصل على المصالح والمنافع الدينية والدنيوية التي جعلها الله بحكمته في تلك الأمور العادية، ومن سرَّه أن تكمل له الحرية والطهارة من أدناس الحظوظ البشرية فليجعل حركاته وسكناته في ظاهره وباطنه مضبوطة بالقانون الشرعي، تابعة لإشارة الشرع والعقل، وكيفما وقع ذم العادات على لسان الصوفية فالمقصود به الدخول فيها على مقتضى الشهوة والهوى والاسترسال معها دون محافظة على الآداب الشرعية
Orang yang mengerjakan sesuatu berkaitan dengan adat kebiasaan, yang sesuai Adab Nabawiyah, ia akan mendapatkan beberapa keuntungan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, antara lain terhindar dari amal-amal yang tidak diridhai-Nya, jauh dari budi pekerti yang rendah dan mendapatkan kemaslahatan serta kemanfaatan di dunia dan akhirat.
Barangsiapa ingin selalu bersih dan terbebas dari segala kotoran, suci dari dekadensi moral, maka setiap gerak dan diamnya, lahir dan batinnya, senantiasa sesuai dengan syari'at dan akal sehat.
Adat kebiasaan dan aktivitas sehari-hari yang dicela kaum sufi adalah adat kebiasaan yang dibarengi dengan syahwat dan hawa nafsu, lepas dari tata karma dan undang-undang syariat Islam. Mereka tak akan mencela adat kebiasaan yang jauh dari syahwat dan hawa nafsu.
وقد قال حجة الإسلام في "الأربعين الأصل" بعد أن حث على متابعة الرسول ونبه على شيء من أسرارها: هذا كله في العادات وأما في العبادات فلا أعرف لتارك السنة وجهاً إلا كفراً خفياً أو حمقاً جلياً فاعرف ذلك
Imam al-Ghazali dalam karyanya, Al-Arbain, setelah menganjurkan kita untuk mengikuti sunnah Rasulullah serta meninggalkan rahasia yang terkandung di dalamnya, ia berkata, “Ini semua adalah dalam perkara adat kebiasaan, sedangkan dalam perkara ibadah, maka saya tidak menemukan alasan bagi orang yang meninggalkan sunnah kecuali yang tersembunyi atau kebodohan yang jelas. Ingatlah itu!”
(Risalatul Mu'awwanah)