Fasal Syarat Orang yang Wajib Shalat
(فصل): وشرائط وجوب الصلاة ثلاثة أشياء. أحدها (الإسلام) فلا تجب الصلاة على الكافر الأصلي، ولا يجب عليه قضاؤها إذا أسلم، وأما المرتد فتجب عليه الصلاة وقضاؤها إن عاد إلى الإسلام
(و) الثاني (البلوغ) فلا تجب على صبي وصبية لكن يؤمران بها بعد سبع سنين إن حصل التمييز بها، وإلا فبعد التمييز ويضربان على تركها بعد كمال عشر سنين
(و) الثالث (العقل) فلا تجب على مجنون وقوله (وهو حد التكليف) ساقط في بعض نسخ المتن
(والصلوات المسنونة) وفي بعض النسخ المسنونات (خمس العيدان) أي صلاة عيد الفطر وعيد الأضحى (والكسوفان) أي صلاة كسوف الشمس وخسوف القمر (والاستسقاء) أي صلاته (والسنن التابعة للفرائض) ويعبر عنها أيضاً بالسنة الراتبة وهي (سبع عشرة ركعة ركعتا الفجر وأربع قبل الظهر وركعتان بعده وأربع قبل العصر وركعتان بعد المغرب وثلاث بعد العشاء يوتر بواحدة منهن) والواحدة هي أقل الوتر وأكثره إحدى عشرة ركعة، ووقته بين صلاة العشاء وطلوع الفجر، فلو أوتر قبل العشاء عمداً، أو سهواً، لم يعتد به، والراتب المؤكد من ذلك، كله عشر ركعات قبل الصبح، وركعتان قبل الظهر وركعتان بعدها، وركعتان بعد المغرب، وركعتان بعد العشاء،
(وثلاث نوافل مؤكدات) غير تابعة للفرائض أحدها (صلاة الليل) والنفل المطلق في الليل أفضل من النفل المطلق في النهار، والنفل وسط الليل أفضل ثم آخره أفضل، وهذا لمن قسم الليل أثلاثاً (و) الثاني (صلاة الضحى) وأقلها ركعتان وأكثرها اثنتا عشرة ركعة وقتها من ارتفاع الشمس إلى زوالها كما قاله النووي في التحقيق وشرح المهذب (و) الثالث (صلاة التراويح) وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات في كل ليلة من رمضان وجملتها خمس ترويحات، وينوي الشخص بكل ركعتين منها سنة التراويح، وقيام رمضان، ولو صلى أربع ركعات منها بتسليمة واحدة لم تصح ووقتها بين صلاة العشاء وطلوع الفجر.
(و) الثاني (البلوغ) فلا تجب على صبي وصبية لكن يؤمران بها بعد سبع سنين إن حصل التمييز بها، وإلا فبعد التمييز ويضربان على تركها بعد كمال عشر سنين
(و) الثالث (العقل) فلا تجب على مجنون وقوله (وهو حد التكليف) ساقط في بعض نسخ المتن
(والصلوات المسنونة) وفي بعض النسخ المسنونات (خمس العيدان) أي صلاة عيد الفطر وعيد الأضحى (والكسوفان) أي صلاة كسوف الشمس وخسوف القمر (والاستسقاء) أي صلاته (والسنن التابعة للفرائض) ويعبر عنها أيضاً بالسنة الراتبة وهي (سبع عشرة ركعة ركعتا الفجر وأربع قبل الظهر وركعتان بعده وأربع قبل العصر وركعتان بعد المغرب وثلاث بعد العشاء يوتر بواحدة منهن) والواحدة هي أقل الوتر وأكثره إحدى عشرة ركعة، ووقته بين صلاة العشاء وطلوع الفجر، فلو أوتر قبل العشاء عمداً، أو سهواً، لم يعتد به، والراتب المؤكد من ذلك، كله عشر ركعات قبل الصبح، وركعتان قبل الظهر وركعتان بعدها، وركعتان بعد المغرب، وركعتان بعد العشاء،
(وثلاث نوافل مؤكدات) غير تابعة للفرائض أحدها (صلاة الليل) والنفل المطلق في الليل أفضل من النفل المطلق في النهار، والنفل وسط الليل أفضل ثم آخره أفضل، وهذا لمن قسم الليل أثلاثاً (و) الثاني (صلاة الضحى) وأقلها ركعتان وأكثرها اثنتا عشرة ركعة وقتها من ارتفاع الشمس إلى زوالها كما قاله النووي في التحقيق وشرح المهذب (و) الثالث (صلاة التراويح) وهي عشرون ركعة بعشر تسليمات في كل ليلة من رمضان وجملتها خمس ترويحات، وينوي الشخص بكل ركعتين منها سنة التراويح، وقيام رمضان، ولو صلى أربع ركعات منها بتسليمة واحدة لم تصح ووقتها بين صلاة العشاء وطلوع الفجر.
Salah satunya adalah Islam. Maka shalat tidak wajib bagi kafir asli. Dan tidak wajib mengqadha’ ketika ia masuk Islam.
Adapun orang murtad, maka wajib baginya untuk melakukan shalat dan mengqadhainya ketika sudah kembali Islam.
Yang ke dua adalah baligh. Maka shalat tidak wajib bagi anak kecil laki-laki dan perempuan.
Namun keduanya harus diperintah melaksanakan shalat setelah berusia tujuh tahun jika sudah tamyiz, jika belum maka diperintah setelah tamyiz.
Dan keduanya harus dipukul sebab meninggalkan sholat setelah berusia sepuluh tahun.
Yang ke tiga adalah memiliki akal sehat. Maka shalat tidak wajib bagi orang gila.
Perkataan mushannif “akal adalah batasan taklif (tuntutan syari'at)” tidak tercantum di dalam sebagian redaksi matan.
Shalat-Shalat Sunnah
Shalat-shalat yang disunnahkan ada lima. Dalam sebagian redaksi diungkapkan dengan bentuk jama’ yaitu “الْمَسْنُوْنَاتُ”.
Yaitu shalat dua hari raya, maksudnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
Dan shalat dua gerhana, maksudnya gerhana matahari dan gerhana bulan. Dan Istisqa’, maksudnya shalat Istisqa’.
Shalat Sunnah Rawatib
Shalat-shalat sunnah yang menyertai shalat-shalat fardhu, yang juga diungkapkan dengan shalat sunnah Ratibah/Rawatib, ada tujuh belas raka'at.
Dua raka'at fajar, empat raka'at sebelum Dzuhur dan dua raka'at setelahnya, empat raka'at sebelum Ashar, dua raka'at setelah Maghrib, dan tiga raka'at setelah Isya’ yang digunakan untuk shalat Witir satu raka'atnya.
Shalat Witir
Satu raka'at adalah minimal shalat Witir. Dan maksimal shalat Witir adalah sebelas raka'at.
Waktu shalat Witir adalah di antara shalat Isya’ dan terbitnya fajar.
Sehigga, kalau ada seseorang melakukan shalat Witir sebelum shalat Isya’, baik sengaja atau lupa, maka shalat yang dilakukan tidak dianggap.
Shalat Rawatib yang muakad (yang sangat dianjurkan) dari semua shalat sunnah di atas ada sepuluh raka'at.
Yaitu dua raka'at sebelum Subuh, dua raka'at sebelum dan setelah Dzuhur, dua raka'at setelah Maghrib dan dua raka'at setelah shalat Isya’.
Shalat Sunnah Selain Rawatib
Dan tiga shalat sunnah muakkad yang tidak mengikut pada shalat-shalat fardhu.
Salah satunya adalah shalat malam. Shalat sunnah mutlak di malam hari itu lebih utama daripada shalat sunnah di siang hari. Shalat sunnah mutlak di tengah malam adalah yang paling utama. Kemudian di akhir malam yang lebih utama. Hal ini bagi orang yang membagi waktu malam menjadi tiga bagian.
Yang ke dua shalat Dhuha. Minimal shalat Dhuha adalah dua raka'at. Dan paling maksimal adalah dua belas raka'at.
Waktu shalat Dhuha mulai dari naiknya matahari -kira-kira setinggi satu tombak- hingga tergelincirnya matahai, sebagaimana yang disampaikan Imam an-Nawawi di dalam kitab At-Tahqiq dan Syarh al-Muhadzdzab.
Yang ke tiga adalah shalat Tarawih. Yaitu shalat duapuluh raka'at dengan sepuluh kali salaman di setiap malam di bulan Ramadhan. Dan jumlahnya sebanyak lima tarawihan.
Di setiap pelaksanaan dua raka'at dari shalat Tarawih, seseorang melakukan niat “sunnah Tarawih” atau “qiyam Ramadhan (menghidupkan bulan Ramadhan)”.
Dan seandainya ada seseorang melakukan shalat Tarawih empat raka'at sekaligus dengan satu kali salaman, maka sholat yang ia lakukan tidak sah.
Waktu shalat Tarawih adalah di antara shalat Isya’ dan terbitnya fajar.